top
   
 
PUTERA KELAHIRAN AILEU TIMOR LESTE LIRIK KURSI NOMOR SATU BELU

Atambua-SI. Drs. Basílio Dias Araujo, MA, adalah salah seorang putra terbaik Timor yang telah melanglang buana keliling dunia dalam tugas kedinasannya sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Hampir 5 (lima) benua di dunia ini telah disinggahinya (Afrika, Amerika, Australia, Inggeris, Jerman, Belanda, Swiss, Portugal, Spanyol, Italy, Perancis, Swedia, Belgia, Ukraina, Malaysia, Singapura, Kamboja, Karibia dan Puerto Rico).
 
Putra Timor yang lahir di Aileu, Timor Timur pada tanggal 3 Maret 1964  itu, mengawali karir kedinasannya sebagai tenaga honorer pada  Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Timor Timur setelah lulus dari Sekolah Teknik Fatumaka di Baucau.
“Ketika lulus dari Sekolah Teknik Fatumaka, semua kami sudah didaftarkan untuk menjadi PNS”, kenang Basilio ketika tahun 1984 direkrut untuk menjadi PNS karena pada waktu itu belum banyak lulusan SMP atau SMA untuk mengisi kekosongan kebutuhan PNS di Timor Timur. “Pagi saya kerja di PDAM Dili, lalu sore saya melanjutkan SMA Portugis di Liceu de S. Jose Balide, di Dili, Timor Timur sampai akhirnya lulus  5º Ano do Liceu pada tahun 1985 (sederajat SMA Indonesia)”, lanjut Basilio mengkisahkan kembali riwayatnya meniti karir di bidang Pemerintahan.

Pada tahun 1986 Basilio mendapat satu kejutan dalam hidupnya. Dia lolos dalam seleksi dari Timor Timur untuk ikut program pertukaran Pemuda Indonsia-Kanada. Sayang sesampai di Jakarta ada mahasiswa Timor Timur yang minta suaka politik di Kedutaan Belanda, akhirnya Basilio tidak diberangkatkan. Namun sampai hari ini teman-temannya masih tetap menganggapnya sebagai salah satu alumni Pertukaran Pemuda Indonesia-Kanada angkatan 1986. Gagal berangkat ke Kanada, Basilio mendaftarkan diri untuk kuliah di Jakarta di Fakultas Sastra Universitas Kristen Indones